Ekspedisi CRUISE LEG III Karimata


Written by Nopi Prihatin

Ekspedisi Selat Karimata merupakan project lanjutan kerjasama penelitian antara Indonesia dan China. Tujuan dari ekspedisi ini adalah untuk mengetahui variabilitas transpor massa air antara Laut China Selatan dan perairan Indonesia yang melalui Selat Karimata . Ekspedisi ini berlangsung dari tanggal 19-26 Desember 2014 menggunakan Kapal Riset Baruna Jaya VIII milik P2O LIPI dan berangkat dari Pelabuhan Muara Baru.

Tim untuk ekspedisi ini berasal dari berbagai Institusi yaitu dintaranya dari BPOL, First Institute of Oceanography - State Oceanic Administration (FIO - SOA) Tiongkok, University of Maryland USA, Universitas Diponegoro, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Surya, dan P2O – LIPI. Universitas Diponegoro diwakili oleh 2 mahasiswi Oseanografi yaitu Saudari Nopi Prihatin dan Ika Retno Aryanti Romadhon.




Perjalanan kapal dari Muara Baru sampai di Selat Karimata membutuhkan waktu kurang lebih 25 jam. Sebelum berangkat tim terlebih dahulu diberikan materi tentang Safety Induction untuk memberi informasi bagaimana jika terjadi kecelakaan ketika kegiatan pelayaran sedang berlansung. Kegiatan yang dilakukan dalam Cruise leg-3 Karimata ini yaitu recovery dan redeploy Mooring di 4 stasiun , pengamatan dan pengukuran CTD di 14 stasiun, pengambilan sampel sedimen untuk kajian Macrobentos, Bathymetri di daerah sekitar mooring dan pulau, pengukuran kualitas perairan dari Rossete dan pengukuran kualitas perairan per jam selama perjalanan berlangsung, pengambilan data fitoplankton dan zooplankton, pengambilan sampel air dari CTD Rossete untuk analisis klorofil, TSS dan Nutrien.

Tidak ada komentar: