Blood Donation HMIK UNDIP ft PMI Kota Semarang

Karena hadiah yang terbaik adalah hadiah yang diberikan dengan ketulusan hati

Donor Darah, belum banyak orang yang tersentuh hatinya untuk memberikan sedikit yang ada pada dirinya untuk  membantu satu nyawa untuk hidup kembali. Banyak dari mereka yang memiliki ketakutan - ketakutan tersendiri saat ingin mendonorkan darahnya. "ah, takut pusing" , "duh nanti deh ya takut lemes kan darahnya diambil banyak". Ada saja alasan - alasan yang menghambat mereka untuk membantu nyawa orang lain.Padahal taukah kalian bahwa itu semua hanya MITOS! 

Donor darah sebenarnya tidak akan membuat kita pusing ataupun lemas seperti yang dilansir oleh Lihatin.com bahwa Mendonorkan darah tidak akan membuat tubuh lemas. Justru akan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Munculnya rasa lemas ini biasanya karena usai donor darah Anda langsung terkena paparan sinar matahari, mengemudi kendaraan, atau merokok. 

Selain itu untuk kalian yang sering merasa pusing, itu bukanlah disebabkan karena kalian mendonorkan darah kalian, namun Bagi beberapa orang efek ini timbul karena kurangnya kadar oksigen dalam otak. Jika ini terjadi, atasi dengan memperbanyak minum air putih. Sebisa mungkin hindari meminum kopi sebelum donor darah, makan terlebih dahulu dan istirahat yang cukup.

 Dilain sisi, kita tahu bahwa donor darah memberikan manfaat yang cukup besar untuk kesehatan, diantaranya adalah dapat mengurangi resiko kanker, mengurangi resiko kerusakan hati bahkan dapat mengurangi potesi obesitas ( sumber : klik). Maka dari itu, pada 13 Mei 2015 lalu HMIK Undip bekerja sama dengan PMI Kota Semarang untuk menyelenggarakan aksi donor darah.


Acara donor darah ini dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan 12.00 di gedung F Kampus Fakultas Peikanan dan Ilmu Kelautan Undip. Untuk dapat mendonorkan darahnya para calon pendonor harus diperiksa terlebih dahulu oleh petugas dari PMI Kota Semarang mulai dari berat badan, kadar HB, tekanan darah, dan yang pastinya golongan darahnya juga. 


Setelah itu kita mengisi data diri pendonor kemudian akan diberikan kertas pengantar yang berisi data diri untuk diberikan kepada perawat yang nantinya akan mengambil darah kita.

Mendonorkan darah bermanfaat baik bagi kesehatan, diantaranya dapat mengurangi risiko kanker dan hemochromatosis. Selanjutnya membantu mengurangi risiko kerusakan hati dan pankreas. Selain itu, menyumbangkan darah bisa membantu Anda untuk meningkatkan kesehatan jantung dan juga mengurangi obesitas. - See more at: http://www.tipscaramanfaat.com/manfaat-donor-darah-bagi-kesehatan-749.html#sthash.AvFcRjIZ.dp
 Setelah itu nanti akan diarahkan ke perawat yang bertugas untuk mengambil darah.

kemudian dimulailah prosesi pengambilan darah. pada umumnya untuk satu kantung darah dibutuhkan waktu 10 -15 menit.



Peminat donor darah kali ini sangat banyak! bahkan sampai PMI kehabisan kantong darah masih banyak calon pendonor yang ingin mendonorkan darahnya di program donor darah kali ini. Untuk kalian warga kelautan yang masih ingin mendonorkan darahnya bisa ditunggu program donor darah selanjutnya dari HMIK ya! Grive a Gift, Give a Life , Jalasveva Jayamahe ! (ZL)
Mendonorkan darah bermanfaat baik bagi kesehatan, diantaranya dapat mengurangi risiko kanker dan hemochromatosis. Selanjutnya membantu mengurangi risiko kerusakan hati dan pankreas. Selain itu, menyumbangkan darah bisa membantu Anda untuk meningkatkan kesehatan jantung dan juga mengurangi obesitas. - See more at: http://www.tipscaramanfaat.com/manfaat-donor-darah-bagi-kesehatan-749.html#sthash.AvFcRjIZ.dpuf

Tidak ada komentar: