Kuliah Perdana Semester Genap

Tanggal 3 Maret 2008 merupakan awal kuliah semester genap bagi seluruh mahasiswa Universitas Diponegoro. Kepastian awal kuliah yang jatuh pada tanggal tersebut sudah diketahui oleh seluruh civitas akademika Jurusan Ilmu Kelautan. Tetapi pada minggu pertama perkuliahan masih belum berjalan efektif. Hal ini sudah menjadi rahasia bersama baik dipihak mahasiswa maupun dosen sendiri. Selain itu adanya penjadwalan kuliah yang selalu berubah menjadi masalah baru lagi untuk penyesuaian perkuliahan yang ada.
Mahasiswa mengeluhkan karena alasan kuliah sudah dimulai, mereka rela meninggalkan keluarganya untuk kembali ke Semarang (bagi yang merantau), ternyata setelah ke kampus kuliah dibatalkan karena dosen yang mengajar tidak hadir. Pada kesempatan lain juga terjadi dimana dosen yang telah siap mengajar, setelah sampai di kelas ternyata mahasiswa tidak ada. Dengan dua contoh kejadian yang ada apakah dapat dikatakan perkuliahan berlangsung?? Tentunya tidak. Perkuliahan terjadi dimana ada dosen yang mengajar juga ada mahasiswa yang hadir untuk mengikutinya.
Hal seperti ini tidaknya menjadikan kekecewaan yang berkepanjangan dan nantinya dapat membuat kita semua frustasi dan akhirnya menjadi gila….(parah banget), dengan kesempatan awal kuliah merupakan saat yang merindukan bertemu teman – teman yang telah hampir sebulan tidak bertemu(mungkin), walaupun kuliah dibatalkan setidaknya mempunyai waktu lebih panjang untuk sekedar ngobrol atau berbagi oleh – oleh dari daerah tempat asal masing – masing.
Efektifitas kuliah semacam ini terjadi hampir di seluruh jurusan yang ada di universitas kita ini. Untuk menanggapinya tergantung bagaimana kita menanamkan sikap disiplin terhadap peraturan. Juga janganlah kita menyalahgunakan amanah besar yang telah diberikan kita sebagai akademisi untuk memajukan bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar: