KUNJUNGAN ALUMNI ILMU KELAUTAN UNDIP 91’

Jumat, 18 Februari 2010 bertempat di lantai 3 gedung B Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan ( FPIK) tampak ada sesuatu yang berbeda. Nampak mahasiswa- mahasiswi dari berbagai angkatan berkumpul. Ternyata pada hari tersebut FPIK kedatangan tamu istimewa.
                Gesang Setyadi, Alumni Ilmu Kelautan Undip angkatan 1991 ini menyempatkan diri hadir untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman seputar dunia kerja. Saat ini beliau bekerja di PT. Freeport Indonesia, yang bertempat di Irian Jaya. Dan memegang jabatan sebagai Head marine environment program. Dimana terdapat berbagai kajian ilmu yang di teliti disana. Seperti mangrove invertebrate, kualitas air, maupun kualitas sedimen. Setelah sebelumnya mengawali karier di World Wild Foundation (WWF). Dan mulai bergabung dengan PT. Freeport Indonesia pada tahun 1998.
                Selama menjadi mahasiswa Ilmu Kelautan Undip, beliau aktif ikut di berbagai organisasi. Dan tercatat menjadi Ketua Marine Diving Club (MDC) angkatan IV.
                Acara yang berlangsung sekitar satu jam itu berlangsung sangat hangat. Pada kesempatan kali ini beliau mengutarakan berbagai hal yag sangatlah penting ketika kita akan dan telah memasuki dunia kerja. Dimana sangat berperannya soft skill yang kita miliki. Yang tentu saja tidak di ajarkan di bangku perkuliahan. Melainkan dapat kita peroleh dengan ikut ke dalam organisasi. Apalagi sekarang, dengan dinamika kampus FPIK yang telah mewadahi berbagai unit kegiatan kemahasiswaan yang telah berprestasi banyak di kancah nasional maupun internasional. Seperti MDC dan KeSEMaT.
                Karena dengan organisasi itulah, kemampuan kita akan benar- benar di latih. Kemampuan berbicara, memanage suatu kegiatan, maupun bagaimana caranya membangun suatu networking.
                Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi  tanya jawab. Tampak mahasiswa ilmu kelautan dan oceanografi ini sangatlah antusias dalam menyampaikan pertanyaannya. Mulai bagaimana kiat-kiat agar konsisten kepada pekerjaan, hingga tips dan trik dalam mengarungi persaingan dunia kerja pada era saat ini.
                Di akhir kesempatan, beliau berpesan agar kita jangan pernah takut memulai suatu hal yang baru. Dan tetap mencintai kelautan, selayaknya kita sebagai anak kelautan agar selalu menanamkan idealisme kelautan dan mengaplikasikannya di dunia kerja nanti.

Penulis: Tutus Wijayanarko (Wakil Ketua HMIK Periode 2011/2012)

Tidak ada komentar: