HMIK Adakan Kuliah Umum "Satellite Oceanography"

Dalam rangka meningkatan mutu dan wawasan mahasiswa di Jurusan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, HMIK Undip  mengadakan Kuliah Umum dengan tema "Satellite Oceanography." Kuliah umum ini diadakan pada Kamis, 1 Desember 2011 di Ruang B301 Gedung B FPIK. Adapun pematerinya adalah Bapak Anindya Wirasatriya, ST, MSc yang merupakan salah seorang dosen di Jurusan Ilmu Kelautan yang baru saja menamatkan jenjang pendidikan S2 di Universitas Tohoku, Jepang dan merupakan salah satu dari lulusan terbaik.

Terkait dengan materi ini, dapat diberi penjalasan secara ringkas bahwa Oseanografi dari satelit (satellite oceanography), juga dikenal dengan teknologi penginderaan jauh satelit telah memberikan sumbangan yang besar untuk mengungkapkan fenomena, proses dan pemantauan sumberdaya kelautan. Banyak aplikasi dari Satellite Oceanography ini, contohnya: Memantau minyak di permukaan laut, memantau kenaikan tinggi paras laut, Memantau suhu permukaan laut (SPL), Pemantauan Kesuburan Perairan, dan masih banyak lagi.

Dalam era teknologi informasi saat ini, satelit-satelit oseanografi menyediakan berbagai jenis dan jumlah data yang tidak terbatas. Namun data ini tidak akan berarti apa-apa jika tidak dimanfaatkan secara optimal. Oleh karena itu sebagai suatu bangsa yang 2/3 wilayahnya adalah laut, sudah optimalkah kita memanfaatkan teknologi satelit oseanografi ini?

Tidak ada komentar: