LANGKAH AWAL MENGUPAYAKAN KESEJAHTERAAN NELAYAN NUSANTARA

Minggu, 06 April 2014. Mahasiswa Ilmu Kelautan Universitas Dipenegoro Semarang melaksanakan aksi di Car Free Day Simpang Lima Semarang untuk merayakan hari nelayan nasional yang jatuh tepat pada hari itu. Tidak hanya dari Universitas Dipenegoro Semarang saja, namun aksi ini dilaksanakan serentak oleh mahasiswa-masiswa lain di seluruh Indonesia yang tergabung dalam anggota HIMITEKINDO. Bersama-sama perwakilan dari angkatan 2013, 2012 dan juga 2011 para mahasiswa berorasi dan menyebarkan sticker serta leaflet yang berisi tentang Blue Economy. Dan tidak hanya itu, mahasiswa juga mengajak masyarakat untuk menyalurkan apresiasinya dengan menandatangani MMT.


Salah satu isi orasi yang diberikan oleh wakil ketua himpunan mahasiswa Ilmu Kelautan Universitas Dipenogoro, Aulia Yustian, adalah mengajak masyarakat khususnya masyarakat Semarang untuk merubah mindset kita sebagai negara maritim bukan negara agraris, karena sebagai mana kita tahu bahwa 2/3 wilayah Indonesia adalah lautan. Dan dia juga mengajak masyarakat Semarang untuk lebih peduli dan menyukseskan program pemerintah tentang Blue Economy.


Diakhiri dengan menyanyikan lagu mars kelautan dan lagu anak-anak nenek moyangku, perayaan hari nelayan nasional hari itu selesai. Harapan dari kita semua, semoga aksi perayaan hari nelayan nasional ini dapat membuka fikiran masyarakat khususnya masyarakat Semarang untuk lebih peduli terhadap para nelayan.]

Selamat hari Nelayan, kesejahteraan kalian adalah tugas besar kami wahai para pencari nafkah di tengah lautan. (DI)


Tidak ada komentar: