Open Discussion telah Sukses diselenggarakan!


Tembalang, HMIK - Sabtu, 20 April kemarin Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HMIK) Undip berhasil menyelenggarakan acara Open Discussion. Dimana acara ini merupakan salah satu program kerja dari Departemen Kesejahteraan Mahasiswa (KesMA) yang bertujuan memfasilitasi mahasiswa khususnya di Jurusan Ilmu Kelautan untuk mendapatkan info mengenai beasiswa ke luar negeri. Dan juga dalam acara ini, kami ingin berbagi kepada sesama, dimana sebagian dana pendaftaran para peserta akan disumbangkan ke Panti Asuhan berkebutuhan khusus.
Acara ini mengundang Mas Amhal Khairul Falah dan Mba Nadia Maharanni Santoso sebagai pembicara. Yang notabenenya masing-masing pembicara memiliki segudang ilmu dan pengalaman mengenai beasiswa. Mas Amhal sebagai penerima beasiswa Singopore Goverment Scholarship  dan Mba Nadia sendiri sebagai penerima  beasiswa dalam negeri selama masa studinya sampai lulus program pasca di usia muda.
Acara ini bertempat di ruang B301 Kampus FPIK UNDIP dan dimulai pukul 10.00 WIB. Satu persatu peserta datang dan acara dibuka oleh Juli Prasetio sebagai MC sekaligus moderator untuk acara Open Discussion. Esha Etlin Saratoga selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HMIK) dalam sambutannya mengharapankan acara Open Discussion ini bisa menjadi agenda tahunan dan bisa memberikan manfaat baik untuk kedepannya bagi semua pihak.
Acara inti Open discussion dimulai dengan presentasi dari mas Amhal mengenai penjelasan serta gambaran umum tentang beasiswa dan kuliah di luar negeri serta penjelasan program beasisiwa pasca dari dikti oleh Mba Nadia. Dilanjutkan sesi tanya jawab oleh peserta Open Discussion. Para peserta antusias untuk menggali informasi lebih mengenai beasiswa dan kuliah di luar negri. Ditambah lagi, Mas Amhal sebagai pembicara memberikan hadiah buku untuk para peserta yang bertanya.
Dalam acara ini juga ada sesi konsultasi, dimana sesi ini para peserta dibebaskan untuk bertanya sedetail mungkin mengenai negara yang ingin dituju, beasiswa yang tersedia, cara-cara apply beasiswa dll kepada pembicara. Karena pembicara menyediakan informasi lebih dari 50 megara yang ada di dunia. Peserta Open Discussion mayoritas memilih negara Australia sebagai negara tujuan. Ada juga yang berminat ke negara Prancis, Jepang, Belanda, Inggris, USA, Denmark, Austria, Polandia dll. Di akhir acara juga ada kuis, yang khusus dari pembicara ke para peserta. Dan beberapa peserta yang beruntung bisa dapetin info langsung yang dikirim via email langsung dari New Castle University, Inggris.
Acara Open Discussion selesai pukul 15.30 ditutup dengan pemberian ucapan terima kasih dari HMIK yang diwakili Esha sebagai ketua himpunan kepada para pembica dan dilanjutkan foto bersama peserta, pembicara serta panitia. Alhamdulillah acara ini berjalan sukses serta mendapat kesan yang baik dari para peserta Open Discussion.
Kami selaku paniti mohon maaf untuk segala kekurangan dalam acara ini. Kritik dan saran selalu kami terima untuk menjadi lebih baik keddepannya. Terima kasih untuk semua pihak, suksesnya acara ini karena kita semua. Harapannya dari acara ini, bisa menghasilkan manfaat bagi semua pihak.


Renaning Wulan Mahardika



1 komentar:

Juli Prasetio mengatakan...

wah acara kemaren ini seru banget sumpah :)