Rapat Kerja dan Serah Terima Jabatan HMIK COMBINE!


      Tembalang, HMIK - Tepat 1 minggu setelah dilaksanakannya Super Camp HMIK 2013, pada tanggal 23-24 maret lalu. Akhirnya kepengurusan HMIK 2012/2013  sudah resmi berganti kepada kepengurusan HMIK 2013 pada hari minggu tanggal 31 april kemarin dalam acara RAKER (rapat kerja) HMIK 2013. Dalam acara ini ada beberapa kejutan bagi para pengurus yang baru saja dilantik seminggu lalu tersebut. Salah satunya adalah adanya penetapan presidium sidang 1 kepada Aldico yang saat itu bertugas mendokumentasikan acara, lalu presidium sidang 2 kepada Tria yang bertugas sebagai koordinator lapangan (korlap). Ini merupakan pengalaman yang sangat berguna bagi mereka ke depannya.
     Tepat pukul 08.30 dan bertepatan dengan datangnya Bapak Yusuf selaku Ketua Jurusan Progrm Studi Kelautan Universitas Diponegoro sekaligus Pembina HMIK akhirnya raker ini resmi dibuka oleh MC, lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Undip secara bersama-sama. Rasa bangga akan tanah air dan nama almamater seakan tertuang dalam nyanyian itu.
    Setelah menyanyikan lagu tersebut, para peserta mendengarkan sambutan-sambutan, sambutan pertama oleh ketua panitia Raker ini yaitu saudari Novita F. Lalu dilanjut oleh ketua HMIK 2013/2014 saudara Esha E. Saratoga. Dalam sambutannya, saudara Esha menyinggung slogan terbaru kepengurusan HMIK tahun ini, yaitu HMIK COMBINE. COMBINE sendiri dalam bahasa inggris berarti menyatukan/menggabungkan.
   Dalam kata COMBINE itu sendiri terselip suatu kalimat yang berisi “Communication With Contribution And Integrated Respect”. Kalimat itu berarti, kami para pengurus HMIK 2013 akan selalu dan terus berkomunikasi dengan para anggota HMIK agar terciptanya suatu hubungan yang positif tanpa adanya kesenjangan antara anggota dan pengurus. Komunikasi tersebut diiringi dengan kontibusi para pengurus yang bekerja secara bersama-sama, melakukan segala amanah dan tanggung jawab yang diberikan kepada kami serta berintegrasi atau membaur dengan para anggota sehingga membentuk kesatuan yang utuh dengan saling menghormati satu sama lain. Setelah sambutan dari saudara Esha berakhir, kini dilanjut sambutan oleh kepala jurusan ilmu kelautan bapak yusuf. Dalam sambutannya, pak Yusuf mengutarakan rasa bangganya terhadap kinerja HMIK hingga saat ini yang terus membangkitkan nama Kelautan Undip. Hal ini dirasa perlu terus ditingkatkan nantinya dengan bersinergi secara maksimal dengan UKK yang ada di Kelautan.
    Setelah semua sambutan selesai, acara dilanjut dengan serah terima jabatan dari pengurus HMIK periode 2012/2013 kepada pengurus HMIK periode 2013 yang diwakilkan oleh ketua, sekretaris, dan masing-masing kepala departemen. Serah terima jabatan ini para pengurus mengucapkan janji yang dipimpin oleh kepala jurusan Ilmu kelautan. Lalu adanya penyerahan simbolisasi ucapan terima kasih dan kenang-kenangan berupa plakat dari saudara Esha E. Saratoga selaku ketua HMIK 2013 kepada saudara Muhammad irfan selaku  ketua HMIK periode 2012/2013 yang sekarang menjabat sebagai Dewan Pengawas HMIK.
     Prosesi Serah Terima Jabatan selesai, sdr Irfan kembali ke tempat kemudian digantikan oleh Bapak Yusuf untuk memimpin pembacaan Ikrar Janji Pengurus HMIK. Pembacaan ikrar saat itu tampak khidmat, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib sidang yang memakan waktu cukup lama karena penambahan disana-sini.
     Setelah melewati pembacaan tata tertib sidang, acara dilanjutkan dengan pemilihan presidium tetap 1 dan 2 serta notulen. Seperti yang sudah disebutkan diawal, dalam pemilihan presidium tetap raker ini, para pengurus lama mengajukan nama-nama dari pengurus baru untuk bersaing dalam memimpin jalannya raker dengan menjadi presidium sidang. Setelah melewati diskusi panjang, akhirnya terpilih saudara Aldico satria ganesha menjadi presidium sidang 1 dan Tria nidya pratiwi menjadi presidium sidang 2 dan Indira Wardhani menjadi notulen.
  Acara dilanjutkan dengan pamaparan proker-proker setiap departemen selama satu tahun kepengurusan kedepan. Departemen pertama yang memaparkan prokernya adalah departemen (komunikasi dan informasi) KOMINFO, yang dipresentasikan langsung oleh kadepnya yaitu Saudara Dias Natasasmita. Dalam presentasinya, Saudara dias menyebutkan ada beberapa proker yang nantinya bila berhasil dilaksanakan akan menjadi gebrakan baru dalam kepengurusan HMIK. Proker tersebut adalah adanya Buletin HMIK, HMIK TV & Live Report, serta Radio HMIK (HMIK FM).
    Presentasi dari kominfo selesei sekitar pukul 12, dimana acara dilanjutkan dengan ISHOMA. Setelah ishoma selesei acara dilanjut kembali dengan pemaparan proker dari departemen Dalam Negeri (DAGRI). Pada pemaparan proker DAGRI ini, presentasi langsung disampaikan oleh kepala departemnnya yaitu Nugraha Syaputra. DAGRI HMIK periode ini akan dimaksimalkan dalam koordinasi dengan anggota HMIK. Setelah selang beberapa menit pemaparan proker dari DAGRI selesei dan dilanjutkan oleh departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM).
   Setelah kurang lebih 15 menit presentasi dan sesi tanya jawab dari departemen PSDM selesai, lalu dilanjut dengan departemen Kesejahteraan Mahasiswa (KESMA). Pada pemaparan proker departemen KESMA ini presentasi disampaikan langsung oleh kadepnya yaitu Saudari Naning. Pemaparan proker berlanjut ke departemen selanjutnya yaitu departemen Riset dan teknologi (RISET) yang juga disampaikan langsung oleh kepala departemenya yaitu Ulin. Departemen ke 6 yang memaparkan prokernya adalah Departemen Minat dan Bakat (MIKAT) yang disampaikan langsung oleh kepala departemennya yaitu saudara Very. Departemen terakhir yang memaparkan prokernya adalah departemen ekonomi dan bisnis (EKOBIS).
   Setelah ishoma kedua, kemudian dilanjutkan dengan proker biro keuangan, sekretaris serta ketua.   Setelah semua pemaparan proker telah dilakukan, kini berlanjut ke acara sinkronisasi yang dipimpin langsung oleh ketua HMIK saudara Esha, dan dibantu oleh wakilnya saudara Juli. Tepat pukul 18.00 sinkronisasi akhirnya disepakati oleh seluruh pengurus yang hadir. Dan acara berakhir dengan diketuknya palu sidang oleh Pimpinan sidang 1 Tria Nidya Pratiwi.
    Namun belum berakhir begitu saja, para pengurus lama yang hadir pada sore hari itu seperti mantan ketua HMIK tahun kepengurusan 2011/2012 Saudara pinta dan Kepala departemen PSDM 2011/2012 saudari Ulfa, memberi tambahan masukan serta nasehat dan wejangan kepada kepengurusan 2013 ini. Lalu acara berakhir dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh saudara Riki tristanto.
    Dengan terlaksananya rapat kerja ini, kami seluruh pengurus HMIK 2013 berharap dapat menjalankan segala program kerja yang telah direncanakan demi kemajuan kelautan UNDIP kedepannya. Dan dengan koordinasi yang sudah dimatangkan bersama dengan teman-teman anggota nantinya harapan kami adalah dapat semakin bersinergi dengan angkatan dan seluruh UKK di Kelautan.




Rizky - Rio

Tidak ada komentar: